Wednesday, July 21, 2010

Netiquette: Network Etiquette

Beberapa bulan yang lalu, saya mengikuti milis sebuah organisasi, dengan format daily digest tentunya (pengalaman email yang bertumpuk). Awalnya biasa saja, namun beberapa minggu ini saya kesal karena daily digest saya sangat sulit untuk dibaca, karena isinya berulang-ulang dan penuh tanda >, alias reply yang tidak dihapus. Saya pun mencoba memberi saran, namun sepertinya tidak terlalu ditanggapi, karena masih saja berulang. What should I do then? Mencoba membiasakan diri saja? Mengubah daily digest formatnya? Atau kembali mengingatkan?

Ternyata eh ternyata, seorang teman memberi informasi bahwa hal ini tercantum dalam etika dalam network, biasanya disebut Netiquette. Aturan ini terdapat dalam IETF RFC 1855. Poin yang menjadi titik berat adalah menggunakan signature yang simple (tidak usah bertele-tele dan puanjaaaaaaannnnnggggg), menghindari multiposting, cross-posting, off-topic posting, membajak/menyela diskusi, atau hal-hal yang mempersulit untuk membaca dan memahami. (http://en.wikipedia.org/wiki/Netiquette )


Jadi sudah sangat jelas disini bahwa ketika kita berinteraksi dengan orang lain dalam internet, maka mudahkanlah mereka untuk memahami, termasuk membuang hal-hal yang tidak perlu, hal-hal yang terus berulang (reply yang tidak pernah menghapus bagian-bagian yang tidak penting), atau malah membicarakan hal lain dalam suatu forum.

Ini bukanlah sesuatu hal yang ribet dan memusingkan saya pikir untuk dilakukan, hanya tinggal memblock dan delete bagian yang dirasa tidak penting. Jika memang menjawab pertanyaan, maka sertakanlah pertanyaannya saja, bukan seluruh postingan orang yang bertanya.

Alasan anda memakai mobile gadget? Kenapa tidak? Anda tetap bisa melakukannya kan? Justru ketika anda memakai gadget yang semakin bagus, seharusnya anda semakin bisa membuat orang lain semakin nyaman. So, mari kita sedikit demi sedikit mengubah etika kita, salah satunya dalam dunia maya.

Untuk lebih jelasnya tentang cara Netiquette ini, bisa dibuka di http://tools.ietf.org/html/rfc1855

-gadiskcil yang ngomel"disuguhi daily digest yang puanjaaaaang dan berulang-ulang-

No comments: